Senin, 20 April 2009

Bekam, Pengobatan Paling Diminati Warga Selayar


BENTENG, Varia Selayar - Bekam merupakan salah satu teknik pengobatan yang di contohkan oleh Rasulullah SAW yang diperuntukkan oleh manusia sejak zaman dahulu kala. Kini pengobatan itu di moderenkan dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah dengan menggunakan alat praktis dan efektif serta tanpa efek samping.
Pengobatan ini juga makin di gemari warga Selayar untuk mengontrol berbagai penyakit. Dari pantauan wartawan media ini di salah satu tempat praktek milik Haeruddin Yusuf, SH, di Jl. Kenari Benteng, setiap hari dipadati warga mulai dari yang berdomisili di Kota Benteng sampai kecamatan. Bahkan ada beberapa warga dari kecamatan paling terjauh dari daratan Selayar yakni dari kecamatan Pasilembena datang mengontrol dan bekam. Saat bincang-bincang, Haeruddin yang juga Kepala Kasda Selayar mengatakan, pengobatan yang sudah dilakoninya ini sudah membekam kurang lebih 1000 orang. Dan, paling banyak dibekam adalah orang yang sering mengalami sakit kepala. Haeruddin juga mengungkapkan, di tempat prakteknya itu sudah ada beberapa pejabat Selayar yang pernah datang control dan di bekam. “Sudah banyak pejabat yang datang kontrol atau dibekam mulai dari kepala bagian, kepala dinas, badan, para asisten di Setda Selayar, Sekda Selayar Ir. H. Zubair Suyuthi dan bapak Bupati Selayar H.Syahrir Wahab,” katanya.
Jadwal praktek yang diberlakukan Haeruddin mulai pukul 20.00 wita s/d 24.00. Kenapa pilih malam hari? “Soalnya kalau pagi sampai sore beraktivitas di kantor. Jadi pasien itu ada yang saya bekam satu kali, dua kali hingga tiga kali. Tergantung penyakit yang di deritanya. Dan kalau penyakitnya sudah parah saya langsung ruqyah,” ujarnya.
Haeruddin juga mengakui bahwa rata-rata pasien yang sudah dibekam terjadi perubahan. “Alhamdulillah, rata-rata pasien tiga jam setelah dibekam pasti langsung ada perubahan,” tandasnya..
Dikatakannya, kalau kita kembali kepada pengobatan alami dan sederhana yaitu dengan menurunkan kadar garam makanan dan memakai bawang putih serta bekam semuanya itu merupakan sarana yang sangat baik untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi dengan kadar ketinggian yang sederhana, hendaklah dihindari bahaya efek samping obat-obatan yang dapat merusak. Telah disebutkan beberapa hadist Rasulullah SAW dari Anas dan bercerita Rasulullah bersabda yang artinya, jika terjadi panas memuncak maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada diri kita. (imran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar