Senin, 06 April 2009

ETOS KERJA BISA MERUBAH NASIB

Tidak akan berubah suatu nasib seseorang kalau dia sendiri yang tidak mau merubahnya. Memang berat untuk merubah Selayar dari ketertinggalannya karena diantara 23 Kabupaten / Kota di Sulawesi Selatan hanya satu satunya Kabupaten Kepulauan Selayar yang terpisah dari daratan Sulawesi Selatan. Olehnya itu memang memerlukan perjuangan yang berat untuk merubah Selayar. Walaupun sudah banyak yang kita lakukan untuk keluar dari predikat tersebut, Selayar tetap menyandang predikat dari ketertinggalannya. Tapi kita sudah mampu keluar dari keterisolasiannya. . Demikian sambutan Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab pada acara Silaturrahmi dengan masyarakat Gantarang Lohe Desa Bonea Makmur Kecamatan Bontomanai Jum’at ( 30 – 1 0 siang.
Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab mengatakan bahwa penyebab dari ketertinggalan kita adalah rendahnya sumber daya manusia dan etos kerja yang rendah. Sumber daya alam kita sangat melimpah. Hanya saja kita belum manfaatkan secara optimal. Banyak potensi yang bisa kita kembangkan tapi kenyataannya tidak. Hal ini disebabkan karena etos kerja masyarakat yang rendah. Coba lihat di Bantaeng lautnya sudah penuh ditanami rumput laut. Kita di Selayar sudah dibelikan tali, disiapkan bibit rumput laut dan segala macam belum juga membangkitkan semangat untuk membudidayakan rumput laut. Padahal keuntungan yang bisa diperoleh dari budi daya rumput laut sangat banyak. Tapi karena memang etos kerja yang rendah. Lahan untuk budi daya rumput laut dibiarkan begitu saja.
H. Syahrir Wahab mengatakan untuk bisa keluar dari predikat daerah tertinggal maka seluruh masyarakat Selayar harus merubahnya. Sebab tidak mungkin orang lain atau daerah lain yang akan merubah nasib kita.. kita sendiri atau masyarakat Selayar sendiri yang bisa merubahnya dengan jalan meningkatkan etos kerja.
Dikatakannya memasuki tahun keempat kepemimpinan Saya sudah banyak yang sudah kita lakukan namun belum juga mampu kita keluar dari predikat daerah tertinggal. Olehnya itu Saya berharap agar seluruh masyarakat dapat meningkatkan etos kerja dalam mengelola seluruh potensi yang ada disekelingnya. Karena hanya demikian yang dapat merubah nasib keluar dari daerah tertinggal. Dengan penghasilan yang besar dalam setiap rumah tangganya akan dapat mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran. Akhirnya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.
Mengakhiri sambutannya Bupati Kepulauan Selayar meminta kepada Camat Bontomanai Drs. Alifyanto dan Kepala Desa Bonea Makmur Saparuddin agar memiliki kepekaan terhadap masyarakatnya. Jangan tinggal diam. Kalau ada persoalan agar cepat melapor supaya dapat segera ditangani. Hari ini baru saya mendengar tanaman pala yang gugur buanya. Ini perlu diteliti. Sebab yang biasa terjadi kalau daunnya yang gugur. Tapi sekarang buahnya yang gugur.Ini peristiwa yang langkah terjjadi. Kalau Tenaga penyuluh kita tidak mampu menanganinya kita lapor ke Dinas Pertanian Tingkat propinsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar