Senin, 06 April 2009

Krisis Litrik di Selayar Akan Teratasi




PT Karya Empat Lestari dengan sebutan populernya ”KEL POWER”, yang bergerak dibidang usaha pembangkit listrik, siap membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, dalam menangani permasalahan kelistrikan, hususnya daerah daerah yang tidak terjangkau jaringan PLN Ranting Selayar, terutama pulau-pulau yang terpisah dari daratan Pulau Selayar. Hal itu terungkap ketika salah seorang staf marketing PT KEL Power, Aswan Ali, melakukan survey di beberapa desa, diantaranya desa yang berada di Pulau Manarai, Kecamatan Bontoharu serta Desa Jambuiya dan sekitarnya di Kecamatan Bontomanai selama dua hari berturut turut.
Hal itu dijelaskan Aswan Ali kepada Varia Selayar beberapa pekan lalu. Dikatakan, Lantaran Kabupaten Kepulauan Selayar adalah daerah yang terpisah dari dari daratan Sulawesi, maka dalam kaitan itu pula, persoalan kelistrikan memang tidak akan pernah sama dengan kabupaten kota lainnya di Sulsel yang terpusat dari Bakaru, dalam menikmati infrastruktur kelistrikan.
Ungkapnya dalam kegiatan survey sekaligus sosialisasi dan koordinasi dengan Pemkab Kepulauan Selayar.
Lebih jauh ia menuturkan, saat in pihaknya sedang merintis tahap koordinasi dengan salah seorang anggota DPRD Selayar, dari Komisi C," katanya.
"Kami dari perusahaan PT KEL POWER, rencananya akan membangun PLTMH dengan target awal 10 ribu KVA, hanya saja hal ini bisa terwujud jika calon pelanggan mencapai 500 orang," ujarnya.
Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs H Syahrir Wahab MM, dalam sambutannya pada rapat kerja tahunan dengan seluruh pejabat SKPD Lingkup Pemkab Selayar mengatakan, masalah Kelistrikan telah menjadi permasalahan masyarakat dari tahun ke tahun, akibat letak Kabupaten Kepulauan Selayar yang jauh terpisah dari daratan Sulawesi, sehingga kelistrikan Kepulauan Selayar tidak bisa menggandeng ke Bakaru, beda dengan kabupaten kota lainnya di Sulsel.
Akan tetapi, dengan berbagai upaya yang dilakukan pemkab, maka masalah listrik sedikit demi sedikit akan teratasi, terbukti saat ini untuk daratan pulau Selayar yang sudah terjangkau jaringan PLN, sudah ada cadangan listrik dan hasilnya pemadaman tidak lagi seperti beberapa tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar