Senin, 20 April 2009

FGD Bahas Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2009

BENTENG, Varia Selayar - Bertempat di Aula Passamaturukang Kantor KPUD Selayar baru-baru ini telah berlangsung Forum Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok, membahas tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2009.
Ketua Panitia Nasaruddin Naja mengatakan FGD tersebut dimaksudkan untuk menggali gagasan-gagasan dan saran serta masukan dari peserta dalam rangka pelaksanaan tahapan Pemilu 2009 oleh KPU Kab. Selayar.
Pelaksanaan Forum Group Discussion, membahas tahapan penyelenggaraan Pemilu 2009 dibagi 2 kelompok, masing-masing kelompok diikuti sebanyak 25 orang peserta dari unsur pemerintah, Parpol, tokoh masyarakat, LSM, dan organisasi pemuda/wanita, mantan penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan dan desa/kelurahan serta pemilih pemula.
Kelompok pertama membahas tahapan persiapan Pemilu yang meliputi: penataan organisasi, bimbingan teknis, sosialisasi dan koordinasi penyelenggaraan Pemilu serta pengelolaan data dan informasi Pemilu. Sedangkan kelompok kedua membahas tahapan penyelenggaraan Pemilu yang meliputi : pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pendaftaran peserta Pemilu, penetapan pesrta Pemilu, penataan jumlah kursi dan daerah pemilihan, pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kab/kota, masa kampanye, masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara, penetapan hasil Pemilu dan pengucapan sumpah/janji anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi dan kab/kota.
Forum Group Discussion (FGD) yang dipandu oleh fasilitator Rosmiati dari Lembaga Pemberdayaan Perempuan Sulawesi Selatan ini juga menghasilkan hasil sejumlah rekomendasi sebagai berikut.
- Direkomendasikan kepada Bupati Selayar untuk memberikan sanksi tegas terhadap instansi teknis dan pihak terkait apabila terjadi, tidak memenuhi target waktu dan kesalahan dalam pemuktahiran data pemilih.
- Direkomendasikan kepada KPUD Selayar untuk melakukan koordinasi dengan bupati, wakil bupati, Ketua DPRD Selayar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Selayar, kepala desa/kelurahan dan petugas pendata terkait pemuktahiran data pemilih sebelum difinalkan.
- Direkomendasikan kepada KPUD Selayar untuk melibatkan Partai Politik dalam melakukan sosialisasi/pengumuman daftar pemilih sementara (DPS).
-_Direkomendasikan kepada KPUD Selayar untuk melakukan sosialisasi berdasarkan cluster area dan cluster target.
- Direkomendasikan kepada Panwas dan jajarannya untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal dan tidak terpengaruh dari partai politik.
Ketua KPUD Selayar Muh. Ikhsan, S.Ag, M.Ag dalam pengarahannya pada pembukaan Forum Group Discussion (FGD) tersebut mengatakan, tujuan diadakannya FGD ini adalah untuk memahami dan mengkaji permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul pada pelaksanaan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu 2009, agar nantinya siap menghadapi pemilu pada tanggal 5 April 2009 yang akan datang.
Hadir dalam acara pembukaan, selain Ketua KPUD Selayar Muh.Ikhsan, S.Ag, M.Ag, para anggota KPUD, unsur sekretariat dan fasilitator diskusi yakni Rosmiati dari Lembaga Pemberdayaan Perempuan Sulawesi Selatan. (ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar