Sabtu, 11 April 2009

Menyusuri Potensi Wisata Bumi Tanadoang


Kabupaten Selayar mempunyai potensi dan keindahan laut yang cukup manakjubkan yang dikenal dengan wisata bahari Taman Nasional bawah Laut Taka Bonerate tepat berada di Laut Flores dengan jarak 79-206 mil bagian Selatan Kabupaten Selayar, terdapat karang atol terbesar ketiga di dunia. Dan konon merupakan salah satu yang terindah di seluruh belahan bumi. Taka Bonerate yang berarti “timbunan karang di atas pasir” ini memilki keaneka-ragaman biota laut cukup tinggi, terdiri dari terumbu karang, ikan, moluska dan ekinodermata. Adapula empat jenis penyu yang dilindungi undang-undang, di antaranya yang sering ditemukan ialah penyu hijau (chelonia mydas) dan penyu sisik (erctmochelis imbricata).

Dikepulauan Taka Bonerate terdapat beberapa jenis flora dan fauna yang hidup bebas. Flora misalnya didominasi oleh pohon kelapa, ketapang, waru laut, pandan laut dan cemara.

Sedangkan untuk fauna laut terdapat beberapa spcies seperti ikan kerapu, cakalang, napoleon utase, baronang, ikan tangeri dan beberapa species lainnya. Selain itu, di Selayar juga terdapat berbagai obyek wisata pantai yang cukup manarik, wisata alam, serta wisata sejarah. Kesemuanya dikemas secara alami dan setiap saat bisa dinikmati oleh siapa saja yang berkunjung ke Selayar terbilang kecil hingga memudahkan untuk berpindah dari satu obyek ke obyek lainnya. Dalam perjalanan, tamu dapat menyaksikan berbagai obyek wisata agro semisal perkebunan jeruk, cengkeh, dan vanili. Kedatangan wisatawan senantiasa disambut dengan lambaian nyiur di sepanjang pantai Selayar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar